Cara Mudah Membuat Banner Kelahiran Menggunakan Corel Draw


Saat ini desain grafis menjadi faktor penting dalam setiap hal, hampir semua hal terhubung dengan dunia desain grafis. Sebagai contoh saat anda sedang merintis usaha anda, yang pertama kali anda butuhkan tentu saja adalah Nama, Logo dan segala hal yang berkaitan dengan branding. Itu semua bisa anda dapatkan dari dunia desain grafis.
Tidak semua hal yang berkaitan dengan desain grafis harus anda serahkan ke Graphic Designer Profesional. Karena sebenarnya desain adalah sesuatu yang mudah, salah satu aplikasi yang paling sering digunakan dalam dunia desain grafis adalah Corel Draw. Ini adalah aplikasi dasar untuk desain grafis itu sendiri. Jika anda mau, sebenarnya anda juga bisa membuat sebuah desain dengan Corel Draw, sekalipun anda bukanlah Graphic Designer Profesional. Di bawah ini adalah sedikit ulasan mengenai cara mudah membuat banner kelahiran menggunakan Corel Draw, yang tentu saja bisa anda lakukan sendiri dengan laptop kesayangan anda dan juga aplikasi Corel Draw.

  • Tentukan Ukuran Banner
Langkah pertama dalam membuat banner kelahiran menggunakan Corel Draw yang harus anda lakukan adalah dengan menentukan ukuran banner. Disini, pada gambar contoh adalah berukuran 100 x 50 centimeter. Pada pembuatan Work Space atau area kerja, anda menggunakan skala 1 : 10. Yakni jika dalam Corel Draw anda format ukurannya adalah milimeter, maka tulis saja 100 x 50, jangan 1000 x 500 milimeter. Kemudian double klick pada Rectangel Tool, ini akan membuat kotak sesuai dengan Work Space banner anda.

  • Kumpulkan Materi Banner
Langkah selanjutnya, anda tulis semua materi yang akan dimasukan dalam banner anda, masukan juga foto jika ada. Ini untuk memudahkan sketsa tampilan dari banner yang akan anda buat. Jika anda belum pandai membuat background, anda bisa mengunduhnya di internet. Anda juga bisa menambahkan hiasan-hiasan dengan mengunduh di internet. Dalam gambar contoh ini adalah gambar bunga di pojok kanan bawah. Itu adalah gambar bunga dengan format png, jadi anda bisa memasukannya begitu saja tanpa harus melakukan croping.

  • Gabungkan Materi
Dalam gambar ini, background dibuat secara manual. Jika anda mengunduh background, anda bisa memasukannya dalam area kerja. Caranya, klick pada gambar background anda kemudian Effect – PowerClip – Place Inside Container. Akan muncul tanda panah berwarna hitam dan arahkan pada Area kerja banner anda. Jika sudah, berarti langkah anda selanjutnya adalah untuk menata tulisan. Dalam penataan tulisan, anda bisa memilih font yang menurut anda baik. Untuk ukuran font, anda bisa menentukan sesuai dengan prioritas dari materi desain tersebut. Dalam contoh gambar ini adalah nama dari sang bayi yang paling besar, karena memang ini yang harus diprioritaskan.

  • Pilihan Warna
Dalam pemilihan warna, jangan gunakan warna yang terlalu banyak. Ada beberapa warna yang tidak cocok jika digabungkan, jadi perlu anda hindari. Dalam contoh ini hanya menggunakan warna Pink, Putih, Hijau, Kuning, dan warna lain berasal dari foto.

  • Penempatan Foto Bayi
Dalam contoh ini, foto bayi todak di crop, tetapi di PowerClip dalam lingkaran. Kemudian lingkaran tersebut di PowerClip ke Work Space. Untuk mengatur letak dari objek yang sudah di PowerClip, anda bisa tekan Ctrl + Alt + Klick Kiri.
Demikian adalah sedikit ulasan mengenai cara mudah membuat banner kelahiran menggunakan Corel Draw. Semoga ulasan di atas bermanfaat untuk anda, tentu saja anda bisa mengeksplor lebih jauh dengan desain anda. Selamat mencoba.


Tidak ada komentar:

Posting Komentar