Salah Desain? | Ini Yang Terjadi Saat Banner Pekan Olahraga Kabupaten 2016 Bergambar Cristiano Ronaldo Memakai Jersey Manchester United

Desain Grafis memang bukan sesuatu yang berat, tetapi juga bukan sebuah hal yang bisa dianggap sepele. Seperti yang terjadi pada desain banner di salah satu Kota di Indonesia yang akan mengadakan Porkab atau Pekan Olahraga Kabupaten 2016. Sekilas, banner tersebut tidak ada masalah dan aman-aman saja. Tapi kalau kamu perhatikan lebih dekat dan lebih seksama lagi, kamu akan melihat beberapa keanehan. Sebenarnya bukan aneh, tetapi ada beberapa ketidak sesuaian. Apakah itu? Mari kita kupas bersama-sama setajam mulut mantan.

  • Desain Keseluruhan

Visual sebuah desain sebenarnya tidak pernah salah, karena visual desain adalah soal estetika. Pada banner tersebut tidak ada yang salah dengan visual desain, perkara itu bagus atau tidak, hanya relatifitas orang yang melihat saja. Jadi secara umum, tidak ada yang salah dengan visual desain banner tersebut.

  • Misi Desain Banner
Pada banner tersebut jelas tertulis ajakan untuk bersama-sama ikut mensukseskan sebuah acara Porkab. Dari typografi yang ada di dalam banner tersebut, misi bisa tersampaikan dengan baik, dan mudah dipahami.

  • Bergambar Olahragawan Asing
Sebenarnya gambar para pelaku olahraga asing di dalam banner ini tidak terlalu menjadi masalah. Hanya saja, jika kamu mengerti tentang etika dan kesesuaian dalam sebuah desain, hal ini akan dianggap sebagai sesuatu yang kurang pas.
Tidak heran ada beberapa kalangan yang kemudian mempermasalahkannya. Mereka menganggap bahwa ada atlit lokal yang berprestasi dan bisa dijadikan materi gambar dalam banner tersebut.

  • Cristiano Ronaldo Dengan Jersey Manchester United
Yang menjadi perdebatan bukan hanya karena adanya olahragawan asing di dalam desain banner ini, tetapi jika kamu melihat dengan seksama, disitu terselip sesosok bintang sepak bola bernama Cristiano Ronaldo. Tidak heran jika banyak orang yang menggunakan gambarnya sebagai materi desain.
Akan tetapi, kita kembali pada kesesuaian desain. Ini adalah tahun 2016, dan acara pada banner tersebut juga tertulis tahun 2016, lalu yang kemudian menjadi pertanyaan kenapa menggunakan gambar Cristiano Ronaldo dengan jersey Manchester United? Bukankah Cristiano Ronaldo sudah lama merumput di Real Madrid? Semoga saja fans dari kedua kesebelasan sepakbola ini tidak kebakaran jenggot. :D
Dengan demikian, materi desain yang ada dalam banner ini terkesan agak memaksakan dan tidak sesuai.

Selesai sudah kita mengupas desain banner yang satu ini, kesimpulannya sebenarnya bukan salah desain, hanya saja ketidak sesuaian materi gambar. Ini bisa menjadi pelajaran untuk kita semua yang berada di bidang ini, perlu diingat sebuah desain bukan hanya dinilai dari bagaiamana desain itu terlihat, tapi harus dinilai juga dari segi kesesuaian, etika dan bagaimana desain tersebut bekerja.

Semoga ulasan ini bermanfaat untuk kita semua brads and sists. Jangan lupa bagikan informasi yang luar biasa ini.


Baca Juga
Jangan Jadi Graphic Designer Sebelum Kamu Membaca Ini | Ternyata . . .

Tidak ada komentar:

Posting Komentar