Cara Membuat Banner Cafe Keren – Efek Asap Menggunakan Corel Draw

Berbicara tentang desain memang tidak pernah ada habisnya, hampir semua hal memang berkaitan dengan desain. Kali ini sebagai contoh adalah membuat banner cafe, ukuran yang dipakai adalah ukuran x banner ( 180 x 60 cm ). Desain elegan, sederhana tetapi cukup keren. Tidak juga menggunakan trik atau tool yang rumit. Ini sangat mudah dan kamu pasti bisa mencobanya.
Seperti gambar yang ada di dalam contoh ini, hanya menggunakan warna hitam dan juga gold. Tidak menggunakan warna lain, tetapi justru membuat desain ini lebih menarik dan elegan. Seperti yang kamu lihat, banyak efek asap yang terlihat dan itu semua dibuat dengan Corel Draw. Untuk lebih jelas lagi, di  bawah ini  adalah langkah-langkah membuat banner cafe keren untuk efek asap menggunakan Corel Draw.


  • Ukuran Banner
Tentu saja yang pertama kali harus kamu lakukan adalah dengan menentukan ukuran banner. Karena ini adalah x banner, maka ukurannya 180 x 60 cm. Kemudian buat work space  atau area kerja, pernah ditulis dalam artikel sebelumnya dengan judul Cara Mudah Membuat Banner Kelahiran Menggunakan Corel Draw.

  •  Background
Background yang digunakan hanyalah warna hitam dan juga cangkir yang terlihat seperti asap atau terlihat blur. Cara membuat gambar cangkir bisa terlihat seperti itu sebenarnya sangat mudah. Kamu bisa mengunduh gambar cangkir vector di internet, kemudian masukan ke dalam Corel kamu. Setelah itu lakukang tracing dengan tool Trace Bitmap, jika sudah kamu bisa Ungroup gambar tersebut dan pilih bagian yang dibutuhkan saja, sisanya bisa kamu hapus.
Setelah itu, kamu bisa memberikan warna. Warna yang digunakan dalam contoh ini adalah gold, untuk bisa mendapatkan warna seperti ini sebenarnya cukup mudah. Kamu masukan dulu warna Deep Yellow, kemudian masukan tool Interactive Fill Tool. Disitu akan terlihat warna gradasi dua bagian, kamu bisa membuatnya menjadi 3 bagian warna dengan menarik warna lain ke dalam garis gradasi. Warna yang kamu pilih adalah Deep Yellow untuk bagian bawah, Pale Yellow untuk bagian tengah dan Deep Yellow lagi untuk bagian atas.

  •  Efek Asap
Pada vector cangkir yang sudah berwarna gold, kemudian kamu bisa menjadikannya sebagai bitmap, kamu bisa pilih window bitmaps kemudian pilih convert to bitmap, pilih CMYK dengan resolusi 300 dpi. Jika sudah, maka kamu tidak lagi bisa merubah warna vector cangkir tersebut, karena sudah di convert menjadi bitmap.
Untuk menjadikannya memiliki efek seperti asap, kamu bisa klik window bitmaps – blur – gaussian blur. Tentukan intensitasnya, kamu bisa sesuaikan sesuai keinginan.

  • Penggunaan Font
Font yang digunakan dalam tulisan (offein) adalah Disparador Stencil, Font ini digunakan pada tulisan My Trip My Adventure. Font ini tidak ditemukan dalam Corel Draw default, jadi kamu harus mengunduhnya terlebih dahulu. Sedangkan untuk huruf C, kamu bisa membuatnya dengan 3 Point Cruve Tool. Pada tulisan Ngopi Sik Ben Ra Cepet Tuo, menggunakan font FiveFingerDiscount dan Impact pada alamat. Untuk efek asap pada tulisan Coffein, kamu bisa membuatnya seperti poin sebelumnya.
Itulah cara membuat banner cafe keren dan efek asap menggunakan Corel Draw, sangat mudah dan sederhana, tetapi hasilnya tidak murahan. Semoga ulasan di atas bermanfaat untuk kamu dan selamat mencoba. Ingat, desain tidak pernah salah, desain juga dinamis, jadi bisa kamu kembangkan sesuka hati.
NB : ini banner asli, Coffein adalah mini cafe milik teman saya, alamatnya seperti di gambar. Info lebih lanjut bisa cek di instagramnya @iam_coffeein


Tidak ada komentar:

Posting Komentar